Saturday, January 1, 2011

Perayaan Natal 2010 di Paroki St. Petrus Mara I Sungai Kayan



            
             Perayaan Natal di Paroki St. Petrus Mara Satu Sungai Kayan cukup meriah dan penuh gegap gempita. Perayaan Na-tal diadakan di Pusat Paroki dan stasi-stasi (Long Sam, Long Beluah, Long Lembu, Long Getawan/ Brun, Long Bia dan Long Yin) diadakan per ayaan Ekaristi Natal, sedangkan bebe-rapa stasi pada malam Natal dilayani oleh Sr. Klarin, OSF ya-itu stasi Long Telenjau dan Naha Aya, sedangkan stasi Long Bia oleh Sr. Jeanne Wure SMSJ. Lengkaplah kegembiraan u-mat karena semua stasi menyambut Tubuh Kristus/ Komunis pada hari Raya Natal yang selama ini selalu dirindukan bu-kan  hanya Ibadat sabda. Harapan umat setiap hari Raya se-dapat mungkin mereka boleh menerima Komuni Kudus...yah kita berdoa semoga tenaga imam senantiasa tersedia memadai.
  Berkat Natal yang dirasakan Paroki Mara Satu adalah pada hari Raya Natal ada pertambahan jumlah umat yaitu melalui pembaptisan dan pernikahan masal di stasi Long Getawan/Brun. Ada 6 pasang menikah secara massal dan 10 orang dibaptis, sehingga total jumlah umat di Brun bertambah dari 32 jiwa menjadi 57 jiwa BERKAT TUHAN, tentu bap-tisan juga terjadi beberapa stasi dan pernikahan.
  Tahun 2011 ini juga menjadi rencana Paroki untuk membuka 1 stasi baru yaitu stasi Balau atau Lepak Aru baru, kami mohon doa semoga berjalan lancar, sehinga menambah semarak jumlah orang Katolik di Sungai Kayan. Sebelumnya 2 tahun terakhir kami sudah membuka 3 stasi yaitu Brun, Naha Aya dan long Yin ditambah tahun 2011stasi Balau menjadi 4 stasi baru. Harapan kami semoga semakin banyak umat  yang mau terlibat untuk melayani 4 stasi baru ini agar pe-ngembangan iman Katolik semakin mendalam bagi umat di stasi-stasi baru tersebut.
  Malam Tahun baru di pusat Paroki diadakan misa tu-tup Tahun. Semua acara dikoordinir OMK. Mereka membuat acara sederhana antara lain tukar kado, band OMK, bakar sate babi, masak bubur ayam dan bubur babi, api unggun, dll. detik-detik pergantian tahun umat berkumpul di lapangan sepak bola, kemudian saat pergantian tahun Pastor Paroki menyulut api unggun tanda tahun Baru 2011 datang dengan memberikan Berkat pertama di Tahun 2011 kepada semua umat. Setelah itu tidak terduga langait di Dusun Kenarai Ma-ra Satu penuh dengan kembang api yang meluncur silih ber-ganti. Sungguh terasa sukacita, harapan dan persaudaraan u-mat begitu lekat dan manis. Acara dilanjutkan di Aula paroki dengan hiburan ala anak muda dengan bubur ayam (tlang-hiap)   dan bubur babi (tlangmabi), sate, band OMK sampai pagi
  Fajar 2011 meningsing umat yang sudah bergadang se-malam suntuk, masih semangat merayakan Ekaristi Hari Ra-ya Maria Bunda Allah, terbukti Gereja tetap penuh, walau Ekaristi diundur setengah jam yang sedianya jam 09.00 , maka dimulai jam 09.30 wita
 ` Itulah panorama Perayaan Natal 2010 dan Tahun baru 2011 di Paroki St. Petrus Sungai Kayan.
Pastor Iie, MSF
Pastor Paroki Mara I Sungai  Kayan

No comments:

Post a Comment