Thursday, January 20, 2011

Wawan Hati dan Evaluasi di Awal Tahun



E
valuasi adalah hal yang penting dalam penyelenggaraan sebuah komunitas, demi terwujudnya kehidupan bersama yang lebih baik. Bertolak dari evaluasi pula sebuah program dapat disusun guna mencapai sasaran bersama. Menyadari akan pentingnya evaluasi bersama maka pada tanggal 15 Januari 2011, bertempat di ruang tamu pastoran Hati Kudus Yesus Segah diadakan rapat dan evaluasi bersama. Peserta rapat terdiri dari dewan pastoral Paroki, penasehat dewan pastoral paroki, dewan Stasi/ Lingkungan, serta pengurus kelompok kategorial. Rapat ini dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Segah P. Stan Kuway MSC. Adapun sasaran yang hendak dicapai dalam pertemuan dan evaluasi ini adalah: Pertama, mempererat tali persaudaraan dan saling mengenal satu sama lain sebagai pelayan-pelayan Tuhan; Kedua, mendengarkan pengalaman-pengalaman dan saling berbagi tentang suka duka dalam pelayanan dan pergumulan membangun umat di paroki ini; Ketiga, membahas dan mendiskusikan persoalan-persoalan pastoral yang sedang terjadi dan yang menjadi pergumulan para pengurus paroki dan stasi, baik persoalan fisik material maupun persoalan mental spiritual; Keempat, mengambil kesepakatan bersama melalui tindakan-tindakan atau kebijiakan pastoral yang dianggap perlu dan mendesak untuk mempererat kerjasama dan persaudaraan antar dewan pastoral dan pengurus stasi serta memperlancar komunikasi pastoral yang lebih efektif untuk penanganan persoalan-persoalan dalam kehidupan umat.
Setiap perwakilan stasi secara antuasias melaporkan perkembangan umatnya. Ada yang menyampaikan tentang kabar gembira berupa kemajuan dan perkembangan umat stasinya berupa antusiasme SEKAMI dan PPA yang sangat aktif dan mau terlibat dalam kegiatan bersama. Tak hanya itu anak-anak ini pun membawa serta pengaruh positif pembinaan iman ini dalam pergaulan mereka di tengah keluarga dan teman sebaya lewat sikap sopan-santun, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap teman, berani tampil dan mempunyai kepercayaan diri.
Tetapi ada juga yang menyampaikan keprihatinannya terkait dengan fenomena berpindahnya beberapa anak muda ke gereja lain. Hal ini tentu menjadi keprihatinan bersama umat sehingga kedepannya diupayakan agar penanaman nilai-nilai kekatolikan dan rasa cinta akan Katolik lebih ditekankan lewat katekese tentang iman katolik dan pendidikan dalam keluarga. Dari berbagai evaluasi yang disampaikan stasi Long Laai bahkan dengan penuh semangat mendambakan seorang petugas pastoral khusus yang menetap di sana agar dapat melayani umat  di stasi Long Laai secara  kontinue dan intensif sehingga iman umat dapat ditumbuh kembangkan.
Pertemuan dan evaluasi ini juga menjadi kesempatan yang baik untuk mensosialisasikan pembuatan laporan keuangan oleh Sr. Angel PRR sebagai Bendahara Paroki. Diharapkan lewat sosialisasi ini para bendaharawan/wati terbantu dalam melaporkan keuangan Paroki dan Stasi secara baik dan benar sehingga transparansi dan akuntabilitas keungan Paroki dan stasi dapat terlaksana secara baik dan benar. Diakhir pertemuan ini juga dibicarakan tentang persiapan-persiapan menjelang perayaan Paskah. Hal ini dimaksudkan agar setiap stasi dapat mempersiapkan perayaan Kebangkitan Tuhan secara baik sehingga perayaan ini sungguh-sungguh membawa berkah dan makna yang mendalam bagi setiap umat.   
Selain beberapa agenda rapat yang dipaparkan di atas, kesempatan ini juga dipakai untuk memperkenalkan kepada umat paroki Hati Kudus Yesus Segah bahwa saat ini paroki yang tercinta ini mendapat bantuan seorang tenaga pastoral baru yakni Fr. Bobby Syawang MSC yang akan menjalani tahun pastoral di Paroki Hati Kudus Yesus Segah selama + satu tahun. Fr. Bobby datang ke Segah untuk belajar berpastoral dan hidup bersama dengan umat, sehingga diharapkan umat paroki semakin mencintai Hati Kudus Yesus. Rapat yang berjalan dengan apik dan penuh antusiasme ini akhirnya ditutup dengan doa dan berkat oleh pastor Paroki pada pukul 01.00.
Keesokan harinya Minggu tanggal 16 Januari 2011 pada pukul 09.00 bersama dengan umat pusat Paroki dan beberapa dewan pastoral paroki dan dewan stasi yang hadir dirayakan misa syukur. Dalam kesempatan ini secara simbolik Fr. Bobby diterima secara resmi lewat penerimaan dan pemasangan topi adat oleh Bpk Yosef Hat Bedung yang mewakili dewan pastoral paroki dan semua umat yang berada di paroki Hati Kudus Yesus Segah. Mari kita semua mendukung dan menjaga panggilan frater selama bertahun pastoral di sini. Selamat datang dan selamat menjalankan tahun pastoral frater, semoga frater tetap bersemangat menjalani perutusan di Paroki Hati Kudus Yesus Segah sehingga semakin banyak orang yang terdorong untuk mengenal Yesus dan mencintai Hati Kudusnya.
Akhirnya semoga wawan hati dan evaluasi ini membawa dampak positif dan semangat baru dalam membangun paroki Hati Kudus Yesus Segah menjadi paroki yang punya semangat untuk menghidupi nilai-nilai Injili di tahun penuh rahmat ini dan tahun-tahun yang akan datang. Semoga… Ametur Ubique Terrarum Cor Iesu Sacratissimum in Aeternum (Fr. Bobby – P. Stan).  

No comments:

Post a Comment