Friday, April 29, 2011

PEMBAHARUAN JANJI IMAMAT: Kehadiran Memberi Energi



Mulai Rabu 6 April sampai jumat 8 April, rangkaian rekoleksi pembaharuan janji imamat, pemberkatan minyak Krisma dan kumpul para imam berjalan dengan lancar. Rekoleksi kali ini diikuti 2 frater, 2 Diakon, dan 22 imam. Ada 3 imam yang tidak hadir: 1 imam baru sakit di RS Elisabet semarang, 1 imam pulang kampung karena ibunya baru kritis dan 1 imam ada acara pribadi. Pada kesempatan rekoleksi ini juga dihadiri Rm Adri, OMI provinsial OMI Indonesia yang baru mengunjungi para pastor OMI di Keuksupan Tanjung Selor. Rekoleksi dibimbing Bapak Uskup Mgr. Harjosusanto, MSF. Tema rekoleksi kali: “Bercermin melalui Keteladanan Bapa Suci Yohanes Paulus II terutama relasi pada Tuhan dan sesama”.
Rekoleksi diawali dengan mengkontemplasikan hidup Bapa Suci Yohanes Paulus II. Kontemplasi dibantu de-ngan melihat film Yohanes Paulus II yang dibuat oleh Komsos KAJ. Setelah melihat film, Mgr. Harjo menyam-paikan hasil permenungan beliua melihat dan membaca mengenai Bapa Suci Yohanes Paulus II. Mgr. Harjo me-ngungkapkan ada 4 pilar utama dalam hidup Bapa Suci:
Hidup Bersama/relasi
Hidup bersama atau relasi ini ditunjukkan dengan mengunjungi umat di berbagai negara. Bahkan Yohanes Paulus II terkenal sebagai Paus yang paling banyak mengunjungi umat. Dalam kunjungannya Bapa Suci selalu memperhatikan banyak orang. untuk memberi gambaran mengenai relasi Mgr. Harjo menyitir kisah Bapa Suci yang menyapa tukang kebun. Bapa Suci juga berhasil menghadirkan sebagai relator (mediator) dalam berelasi.
Karya kerasulan
Pewartaan perdamain dunia merupakan karya kerasulan Bapa Suci yang dikenang banyak orang. seruan menentang perang selalu disuarakan. Bapa Suci juga memegang teguh kebenaran moral.
Hidup Rohani
Ekaristi, doa dan devosi kepada Bunda Maria merupakan kekuatan hidup rohani Sri Paus. Beliau juga menambahkan peristiwa cahaya dalam doa Rosario.
Kesaksian hidup/keteladanan
Keteladanan hidup nampak dalam kesalehan, optimismu dan belas kasih. Melalui keutamaan hidup yang dipacarkan, kehadiran Bapa Suci Yohanes Paulus II memberikan energi bagi orang yang dijumpainya.
Untuk merenungkan keutamaan hidup Bapa Suci Yohanes Paulus II, Mgr. Harjo memberi pertanyaan2 permenungan:
- Apa yang paling menarik dari Bapa Suci?
- Apa kegiatan Bapa Suci yang mengesan?
- Temukan pengalaman berjumpa dengan seseorang yang    memberi energi!
- Temukan pengalaman Anda memberikan energi!
- Bagaimana kita sebagai pemimpin dapat memberi energi kepada umat?
- Apa yang perlu ditingkatkan dalam kepemimpinan kita supaya memberikan energi pada umat?
- Adakah hambatan antar umat, masyarakat dan saudara yang berlain agama untuk memberikan energi?
Permenungan ini dilakukan dalam 2 sesi. Setelah rekoleksi, Kamis sore jam 18.00, kami merayakan pembaharuan janji imamat dan pemberkatan minyak krisma. Perayaan dilaksanakan di tempat rekoleksi kami yakni Paroki Tarakan.
Pagi harinya, kami masih mengadakan pertemuan dengan Rm Prapto bersama tim Komisi Kerawam KWI. Kerawam KWI mensosialisasikan kegiatannya. Setelah sosialisasi tersebut, dilanjutkan pengumuman dan sosial-isasi lomba cerdas cermat Iman Katolik. Cerdas cermat ini sebagai sarana katekese iman kepada umat. Pertama lomba diadakan di tingkat paroki, kemudian akan di-lombakan ditingkat keuskupan.
Nunukan, 8 April 2011
Salam
MoEd


No comments:

Post a Comment