Thursday, May 12, 2011

OMK Paroki Hati Kudus Segah Menantang Jiram, Meraih Mimpi


Keluarga Besar OMK Paroki Hati Kudus Segah melaksanakan kegiatan Paska bersama. OMK stasi yang terlibat dalam acara ini adalah OMK dari Stasi Punan Malinau, stasi pusat Long Ayan, Long Ayap, Long Okeng, dan Long Laai. Sedangkan yang bertindak sebagai tuan rumah pelaksanaan adalah OMK Long Laai. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Mei 2011. Sekalipun terhalang dengan bahan bakar yang kian melonjak harganya dan ditambah ganasnya Jiram-jiram untuk sampai ke Long Laai, namun OMK paroki Hati Kudus Segah tetap optimis dan bersemangat mengikuti kegiatan paska bersama. Sungguh kegiatan ini merupakan momentum yang baik dalam membangun OMK dan menabur semangat kekatolikan dan rasa cinta akan gereja Katolik.
Dalam sesi pembuka acara para peserta diajak melihat dan mendalami bersama betapa pentingnya Orang Muda Katolik di tengah kehidupan sebuah paroki dan stasi. Peserta diajak untuk melihat bersama beberapa keprihatinan yang menjadi tantangan bersama. Tak hanya berhenti pada keprihatinan bersama karena OMK diajak, dimotivasi untuk menatap masa depan dan berani bermimpi akan masa depan. Dengan semangat ini OMK paroki Hati Kudus Segah berkomitmen membangun masa depan paroki dan stasi yang lebih baik. Ada kerinduan untuk melayani dan mau terlibat aktif dalam kegiatan menggereja. Bukankah masa depan gereja ada di pundak kaum muda. Hari kedua dari acara paska bersama ini diisi dengan ibadat bersama dengan umat stasi Long Laai di gereja St. Andreas Long Laai. Setelah beribadat bersama dengan umat para OMK diajak untuk bersilahtaruhmi di sebuah rumah umat di mana baru saja mengalami kedukaan. Setelah itu para peserta OMK terlibat dalam aksi nyata membersihkan kompleks aula paroki St. Andreas. Pada sore harinya tiap-tiap OMK berjibaku dalam kelompok stasi untuk mengikuti lomba-lomba rekreatif seperti gigit senduk, lari karung, gigit koin, tarik tambang, dan olahraga bersama seperti perlombaan bola kaki dan bola volly. Para peserta dari setiap stasi berusaha mengunjuk gigi dengan penuh semangat. Malam harinya para peserta diajak untuk membentuk program bersama separoki. Dari hasil rapat bersama ini ditelorkan usulan agar OMK paroki Hati Kudus Segah melaksanakan kegiatan bersama dua kali setahun yakni kegiatan Natal dan Paska OMK. Selain menyusun program bersama dibuat juga pentas malam kesenian yang semakin memeriahkan acara pertemuan ini. OMK setiap stasi berlomba-lomba menyuguhkan persembahan terbaik mereka.
Keesokan harinya dilaksanakan lagi kegiatan kerja bakti bersama membantu perampungan aula paroki. kegiatan bersama yang terakhir dilakukan adalah evaluasi dan berpose bersama sebagai bentuk rasa kebersamaan dan dokumentasi hasil pertemuan bersama ini. akhirnya setelah siang hari setia peserta kembali ke stasi masing-masing membawa semangat pelayanan yang semoga ditularkan ke stasi. Akhirnya sebagai tuan rumah yang baik OMK Long Laai memberikan tanda kasih berupa arang yang digosok pada wajah setiap peserta tamu. Prikitiiiiiwwwww...    (Fr. Bobby MSC)


No comments:

Post a Comment