Monday, May 9, 2011

PASKAH: Menumbuhkan Harapan dan Meneguhkan Persaudaraan


Yesus bangkit Yesus Mulai wartakan dengan lantang”, inilah salah satu seruan dalam Mazmur  Tanggapan yang sering di-nyanyikan dalam ma-sa Paskah. Semangat kebangkitan, tumbuhnya harapan hidup baru dan ber-gairah dalam hidup merupakan daya Pas-kah yang senanitiasa dikobarkan. Kebangkitan Yesus Kristus meneguhkan iman kita bahwa hi-dup tidak sia-sia, ada jaminan untuk ke-hidupan kekal., dan kuasa maut telah dikalahkan.
Keuskupan kita, Keuskupan Tanjung Selor me-ngajak bahwa paskah bukan berhenti pada perayaan tetapi mewujudnyata dalam kehidupan sehari-hari.  Tema Paskah untuk tahun 2011 ini adalah “ Hendaknya Merayakan Ekaristi de-ngan Baik dan Mewujudkannya dalam Kehidupan Sehari-hari”. Dalam pe-rayaan Ekaristi salah satunya kita mengenangkan Yesus yang me-ngorbankan diri untuk menebus manusia. Karya keselamatan Allah nyata kita kenangkan dan rayakan da-lam Perayaan Ekaristi. Karya ke-selamatan Allah ini tidak hanya berhenti dalam kemegahan perayaan liturgi tetapi menjadi tanggung jawab kita semua yang merayakan untuk mewartakan atau mewujudnyatakan dalam  perjuangan hidup kita melalui karya dan aktivitas kita masing-masing.
Gema semangat Paskah juga dirayakan dalam kebersamaan Gereja Katolik dan Gereja-gereja Kristen Bulungan. Dalam perayaan Paskah tahun 2011 ini diupayakan untuk dirayakan bersama (oikumene). Perayaan bersama ini diharapkan semakin memberi kondisi dan wadah untuk menumbuh-kembangkan rasa persaudaraan sebagai sesama pengikut Kritus.  Selain itu, kebersamaan yang dijiwai rasa persaudaraan ini diharapkan dirasakan oleh masyarakat. Dengan tujuan tersebut, dalam Perayaan Paskah Oikumene diselenggarakan beberapa aktivitas yang mencerminkan rasa per-saudaraan dan juga sapaan pada masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang diselenggara-kan dalam perayaan paskah bersama adalah Pena-naman pohon, kerja bakti di kawasan gedung Kristen center (Pesparawi), lomba koor dan ibadat Perayaan Paskah Oikumene.
Kegiatan penanam-an pohon berusaha men-dukung program pe-merintahan Provionsi Ka-limantan Timur yang me-nyerukan Kal-Tim Green.  Wilayah Kalimantan Timur dulu terkenal dengan hutan nan lebat. Tetapi sekarang sudah lenyapp pemandangan dan sebutan ini karena ekploitasi massal kawasan hutan. Hutan sudah beralih fungsi, bukan lagi menjadi paru-paru dunia tetapi padang gersang yang rawan kebakaran. Ditambah lagi perluasan pertambangan terus mengila. Kondisi ini memberi kesadaran pada pe-merintah untuk menghijaukan kem-bali kawasan Kalimantan Timur. Ke-rinduan ini bukanlah hal mudah un-tuk diwujudkan, maka perlu gerakan bersama untuk meraih harapan ini.  Pohon yang ditanam pada kesempat-an tersebut adalah Pohon Trembesi dan Ansana. Kedua pohon ini bisa tumbuh menjadi pohon penyejuk.
Untuk menyemarakan paskahan bersama juga dilaksanakan lomba vocal group. Lomba kali ini diikuti oleh 11 group dari gereja-gereja kristen. Katolik mewakilkan satu group. Pa-ra peserta me-lagukan lagu wajib dan pi-lihan dengan se-mangat. Group Katolik diwakili oleh para Orang Muda Katolik. Berbekal se-ragam se-derhana me-reka tampil. Di-katakan se-derhana ka-rena mereka meminjam baju misdinar. Namun saat tampil seragam tersebut keliatan rapi dan anggun tidak kalah dengan saragam yang dipakai oleh kelompok yang lain. Suara mereka pun berusaha bersaing dengan group lain. Kesempatan kali ini Group OMK mendapat peringkat harapan III.
Suasana kebersamaan semakin diteguhkan dalam ibadat Perayaan Paskah Oikumene. Dihadirkan pengkotbah dari Malang. Pengkotbah pun menyemangati umat yang hadir untuk menyatakan paskah dalam kehidupan sehari-hari.
Paskah memang menumbuhkan kebersamaan yang saling membutuhkan dan mendukung.  Perayaan paskah sen-diri membutuhkan persiapan yang lebih, baik dalam bidang liturgi dan kelengkapan lainnya. Kebiasaan kerja bakti untuk kebersihan gereja menjadi pengalaman kebersamaan menyambut paskah. Meskipun paskah dirayakan setiap tahun tetapi dalam perayaan paskah banyak yang perlu dilatih supaya perayaan berjalan lancar dan kidmat.  Kebersamaan dan persaudaraan ini merupakan wujud paskah sejati. Warta kebangkita menjadi nyata dalam semangat saling berbagi dan meneguhkan sebagai saudara yang sama-sama  mendapatkan warta penebusan dan keselamatan. Mari kita lanjutkan warta paskah dalam hidup kita.

MoEd

No comments:

Post a Comment