Saturday, June 25, 2011

Belajar Berlari di Usia ke-3 Paroki Hati Kudus Yesus Long Ayan Segah


Hari kamis sore pukul 16.00, tanggal 24 Juni 2011  kampung Long Ayan bersolek. Ada suasana yang lain dari biasanya, tampak bendera dan umbul-umbul menghias jalan sepanjang gang menuju Gereja Katolik. Lebih meriah lagi karena tampak wajah-wajah baru di kampung. Tampak kerumunan dan padatnya masa yang berkumpul di sekitar halaman gereja. Ada apa gerangan? Rupanya suasana riuh rendah ini dibuat dalam rangka menyambut kedatangan tamu dari stasi-stasi dan lebih penting lagi “dandanan” ini  sengaja dibuat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Paroki Hati Kudus Yesus Long Ayan ke-3 yang akan dilaksanakan tepat pada hari Minggu, 26 Juni 2011. Umat dari stasi – stasi sudah berada di Pusat Paroki Long Ayan sejak tanggal 24 untuk mengikuti lomba – lomba yang sudah dipersiapkan panitia Hari Ulang Tahun Paroki ke – 3.
Hari ulang tahun ke-3 ini sengaja dirayakan secara meriah untuk membangun rasa persatuan, keakraban dan persaudaraan di antara umat paroki, seperti yang diungkapan dalam Tema Perayaan Ulang Tahun ke-3 ini, “Bertambah usia, bertumbuh bersama dalam persatuan dan persaudaraan untuk membangun Paroki Hati Kudus Yesus Segah dalam Iman, Harapan dan Kasih.” Dalam rangka hari ulang tahun ke-3 ini maka panitia menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bersama berupa lomba baca Kitab Suci dan Mazmur kategori anak dan dewasa, Lagu dan Gerak Anak Sekami, Paduan Suara, CCIK (Cerdas Cermat Iman Katolik Kategori anak dan dewasa), dan Paroki Idol untuk Kategori Umum. Selain lomba-lomba rohani panitia juga menggelar lomba-lomba Olah Raga seperti Tarik Tambang putra – putri, Badminton putra – putri, Bola Volly putra – putri, langsung di lapangan yang baru loh.... Sejak kamis malam sampai malam minggu setiap stasi berlomba menyuguhkan penampilan terbaiknya. Sungguh luar biasa. 
Puncak dari Perayaan Syukur Hari Ulang Tahun Ke-3 Paroki Hati Kudus Yesus Segah ini disatukan dalam perayaan ekaristi bersama yang dilaksanakan secara meriah dan khidmat pada hari minggu 26 Juni 2011 bertempat di gereja pusat paroki. Lagu koor berbasa Latin membahana agung diselingi dengan lagu-lagu khas daerah Timur, tak ketinggalan tarian adat Dayak Ga’ai ditampilkan dalam perarakan masuk.
Pastor Pius Rettob MSC hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ini dan juga mengikuti Perayaan Ekaristi. Dalam kotbahnya Pastor Stanis Kuway MSC menegaskan akan pentingnya bertumbuh bersama dalam Iman, Harapan dan Kasih, pentingnya membangun rasa persatuan dan persaudaraan sebagai satu paroki. Karena hanya dengan persatuan dan persaudaraan yang dibangun bersama dalam kesadaran, bisa dipastikan bahwa umat Katolik di Paroki HKY Segah akan tetap eksis dan bertumbuh serta berkembang dalam iman kekatolikannya. Lewat acara bersama ini diharapkan rasa persaudaraan sebagai umat Katolik semakin bertumbuh subur. Hal senada diungkapkan oleh ketua panitia perayaan Fr. Bobby Syawang MSC dalam sambutannya menegaskan tentang pentingnya kebersamaan. Sebab, “ketika bersama kita bisa.” Di usia yang belia ini paroki Hati Kudus Yesus Long Ayan Segah menatap optimis ke depan, belajar berlari membangun kehidupan paroki yang lebih cemerlang.
ccHari ulang tahun paroki ini juga menandakan berakhirnya masa kepemimpinan dewan paroki yang lama. Karena itu setelah perayaan syukur bersama ini dilaksanakan acara pemilihan dewan paroki yang baru. Dari hasil penjaringan nama “Balon” (bakal calon) dewan paroki yang baru diperoleh nama-nama kandidat sebagai berikut Bpk. Tomas Basog, Bpk. Yohanes Nyan Ban, Bpk. Wang sah, Bpk. Jiu Ping. Kesempatan ulang tahun paroki ini juga dimanfaatkan oleh Sr. Fabyana, PRR untuk pamit demi mengemban misi studi di Yogyakarta. Semoga kerasaan dalam studi dan terima kasih untuk benih iman yang telah anda tabur di bumi Segah. Semoga benih iman itu bertumbuh subur menghasilkan panenan yang melimpah.
Fr. Bobby PR + P. Stan MSC


No comments:

Post a Comment