Tuesday, February 1, 2011

Paroki Katedral Ultah Ke-15



                Tanggal 1 Januari 2011 Paroki Katedral St. Maria Assumpta Tanjung Selor berulang tahun ke- 15. Karena berdekatan dengan perayaan Natal, kegiatan perayaan Ulang Tahun Paroki menjadi satu rangkai dengan perayaan Natal. Untuk memeriahkan perayaan Natal dan Ulang Tahun Paroki, Panitia mengadakan serangkaian acara.:

1.       Pengobatan Gratis
Pengobatan gratis bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan dan Balai Pengobatan St. Monica Tanjung Selor. Dari Dinas Kesehatan, panitia meminta bantuan obat-obatan. Sedangkan, tenaga medis melibatkan umat yang berpofesi di bidang kesehatan serta Orang Muda Katolik sebagai relewan yang membantu kelancaran pengobatan. Dalam pengobatan ini terlibat 2 orang dokter (dr. Felix dan dr.Loo),beberapa perawat: sr. Floriana, OSF, Katarina dan Panitia selalu hadir dalam setiap kali pengobatan. Dalam pengobatan gratis kali ini berhasil melayani 8 stasi (Apung, Antutan, Selimau, Bukit Indah, SP 6 Silva Rahayu, gabungan Pimping dan Patak serta Sajau). Pengobatan gratis bukan hanya ditujukan pada umat Katolik saja tetapi juga masyarakat yang tinggal di sekitar Gereja. Umat merasakan kegiatan pengobatan gratis menjadi sapaan dan perhatian Gereja pada masyarakat.





2.       Lomba-lomba
Jenis lomba yang diselenggarakan yakni Lomba Lektor, Lomba Pemazmur, Lomba Koor untuk kategori umum, sedangkan untuk kategori anak-anak ada Lomba mewarnai dan menggambar. Umat menanggapi lomba-lomba yang diselenggarakan panitia dengan antusias. Kegiatan lomba menjadi sarana pemersatu dan bertemu umat separoki. Biasanya, masing-masing stasi mengadakan ibadat di stasi masing-masing. Dengan lomba yang diadakan di gereja pusat, umat yang jarang bertemu ini dipersatukan dalam kegiatan bersama. banyak umat yang berharap lomba-lomba ini tetap diadakan. Bahkan kalau bisa diusahakan diadakan lomba yang dipusatkan di suatu tempat bisa di salah satu stasi atau di gereja pusat untuk beberapa hari.


3.       Perayaan liturgi
Ungkapan syukur perayaan Natal dan Ulang Tahun paroki dirayakan dengan perayaan Ekaristi. Pada malam Natal, Mgr Harjosusanto, MSF yang mimpin di gereja pusat. Sedangkan pastor Andita, MSF di Stasi Jelerai dan Pastor Edy Wiyanto, Pr di Stasi Pimping. Misa konselebrasi baru diadakan saat merayakan ulang tahun paroki pada tanggal 2 Januari di gereja pusat. Dalam kotbahnya, Bapak Uskup menekankan misi, kesiapan untuk menjalani perutusan untuk mewatarkan Kristus. Kesiapan menjalani perutusan pertama-tama dimulai dari diri sendiri yang merasakan Kristus sebagai Sang Terang dalam hidup. Maka, Bapak Uskup menekan bahwa menjadi seorang Katolik harus jelas. Jelas tujuan hidupnya, jelas menjalani hidupnya sehingga bisa menjadi terang bagi orang lain. Di samping itu, Mgr. Harjosusanto, MSF juga menantang umat Tanjung Selor untuk menjalankan misi di tengah masyarakat supaya gereja besar yang saat ini dibangun nantinya bisa penuh terisi oleh umat.
Perayaan ulangtahun paroki ini diakhiri dengan pengumuman lomba-lomba dengan berbagai hiburan. Tidak ketinggalan disediakan meja panjang untuk makan bersama. umat menyediakan lauk pauk untuk menu makan bersama.

No comments:

Post a Comment