Sunday, January 13, 2019

Uskup Rayakan Natal Pertamanya di Bunyu | Pilihlah Pemimpin Yang Melayani Dengan Totalitas

Pilihlah Pemimpin Yang Melayani Dengan Totalitas
====Uskup Rayakan Natal Pertamanya di Bunyu===

Walaupun jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, namun Umat Katolik di Stasi Santa Maria  Ratu Rosario Pulau Bunyu merayakan sukacita Natal dengan penuh gembira dan Khidmat. Pasalnya, perayaan Natal 24 – 25 Desember 2018 dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Tanjung Selor Mgr. DR Paulinus Yan Ola, MSF.  Perayaan Natal tahun ini mengusung tema “Yesus Kristus Hikmat Allah Bagi Kita”. Menurut uskup, tema tersebut sesuai Tema Natal Konfrensi Wali Gereja (KWI) dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI). 


Inti dari tema ini, pesan uskup adalah ada keprihatinan mengenai bagaimana Natal dirayakan dalam perspektif suatu pembelaan terhadap Hak- Hak Azasi Manusia. Terutama untuk melihat bagaimana manusia itu bisa diperlakukan dan di penuhi tuntutan- tuntutan dasarnya. “Jadi hak-hak Mendasar yang tidak bisa di dalam hidup berbangsa dan bernegara seperti, penghormatan kepada hak-hak manusia itu masuk dalam persepektif Allah yang begitu menghargai manusia dan segala yang di ciptakan, sehingga rela menjadi manusia,” pesan uskup dalam khotbanya. Lanjut uskup yang merayakan Natal pertamanya di Bunyu ini,  selain hak azasi manusia, ada juga unsur Hikmat Allah. Apabila unsur ini dihubungkan dengan Tahun Politik, maka tahun dimana para umat Allah menggunakan hak suaranya untuk pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil presiden, maka disitu Umat Kristiani diajak untuk melihat calon-calon pemimpin yang bersikap dan bertindak  yang di inspirasi oleh Yesus Kristus. Pemimpin dimana mau merelahkan seluruh hidup-nya yang isi dengan totalitas pelayanan kepada bangsa dan negara. Pada selah-selah perayaan natal di stasi yang merupakan wilayah kerja Paroki Santo Joseph Pekerja Juata ini, uskup juga membaptis 4 orang. Pembabtisan ini merupakan aturan dan tradisi gereja katolik dalam penerimaan seseorang menjadi anggota gereja katolik.

Dalam lawatan uskup yang tiba di Pelabuhan Tidung Bunyu, Minggu (23/12/2018)  disambut meriah para umat katolik, Pastor Paroki Gereja Santo Joseph Pekerja Juata,  Pastor Rohmadi Mulyono  MSF, serta pengurus gereja.  Selanjutnya Mgr. Paulinus yang baru dithabiskan 5 Mei 2018 di Lapangan Agathis Tanjung Selor, diarak dari dermaga pulau penghasil minyak di Kalimantan Utara ini, menuju gereja katolik di Jl Bunyu Raya, dengan tarian dan budaya Jawa.

Ketua Dewan Stasi Santa Maria  Ratu Rosario Pulau Bunyu, Vincet Lena, menyampaikan bahwa, umat di stasi Bunyu sangat bersyukur dan bersukacita.  “Kunjungan dan perayaan natal yang dipimpin bapak uskup ini merupakan suatu Berkat serta Rahmat bagi kami umat,” tutupnya.(Wishok)










No comments:

Post a Comment